Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Berhubungan dengan bahan kimia belum tentu aman, sama halnya ketika kita menggunakan disinfektan untuk membersihkan benda benda dari virus a...

Cara Menggunakan Disinfektan yang Tepat

Berhubungan dengan bahan kimia belum tentu aman, sama halnya ketika kita menggunakan disinfektan untuk membersihkan benda benda dari virus atau kuman. Ada teknik khusus dalam menggunakan disinfektan supaya aman dan tidak membahayakan kita. Oleh karena itu, kita perlu tahu cara menggunakan disinfektan.

cara menggunakan disinfektan

Sebenarnya tidaklah terlalu rumit, yang paling terpenting kita tahu prinsip K3. K3 adalah kesehatan dan keselamatan kerja. Meskipun penggunaan disinfektan berbentuk spray atau cukup disemprotkan saja, kita juga perlu teknik menggunakan disinfektan yang aman. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menggunakan Disinfektan yang Benar

Menyemprot ke Benda yang Sering Disentuh

Lakukanlah penyemprotan ke benda yang sering berkontak dengan manusia. Semisal seperti hand rail, meja, kursi, gagang pintu, dan lain sebagainya. Pastikan ketika anda menyemprot, jangan sampai mengenai makanan, karena menurut Chemical Safety Facts, disinfektan hanya untuk perabotan yang sering disentuh.

Menyemprotkan disinfektan pun tidak perlu banyak banyak, yang terpenting merata. Cukup menggunakan spray saja, tanpa anda harus meratakan, disinfektan tersebut sudah mengenai semua sisi dan sudut perabotan. Lakukanlah dengan dosis yang cukup supaya kuman atau virus tidak tambah kebal setelah anda semprotkan berulang kali.

Menggunakan APD yang Tepat

Jangan lupa untuk selalu menggunakan APD yang aman supaya disinfektan tidak mengenai kulit kita secara langsung. Karena apabila terkena kulit, yang terjadi biasanya kulit terasa tidak nyaman dan kering. Jika ini terjadi, anda cukup menggunakan krim untuk melembabkannya kembali. Meskipun sebenarnya tidak ada efek berbahaya jika terkena kulit.

APD yang tepat untuk menyemprotkan disinfektan ialah sarung tangan, masker, dan baju berlengan panjang. Jika perlu, anda bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari aeorol saat penyemprotan.

Mencuci Tangan Setelah Menyemprot

Setelah penyemprotan, anda harus mencuci tangan. Ini untuk memastikan tangan anda bersih dari aerosol atau bahan kimia disinfektan lainnya. Cucilah tangan dengan air mengalir selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Meskipun anda menggunakan sarung tangan, langkah ini wajib dilakukan.

Demikian adalah informasi mengenai cara menggunakan disinfektan dengan baik dan benar. Buat anda yang tinggal di daerah Solo, ada jasa semprot disinfektan yang bisa anda gunakan, yaitu FUMIDA. Jasa disinfektan Solo ini telah mendapatkan ijin dari kementrian kesehatan dan tentunya terpercaya serta ahli di bidangnya.

0 komentar: