Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Salah satu teknik membasmi rayap yang cepat efisien ialah dengan menggunakan cairan kimia. Cairan kimia menjadi pilihan karena terbilang sim...

Bahan Kimia untuk Membasmi Rayap

Salah satu teknik membasmi rayap yang cepat efisien ialah dengan menggunakan cairan kimia. Cairan kimia menjadi pilihan karena terbilang simple, relatif aman, dan ampuh untuk mengusir hama rayap. Tapi tentu tidak sembarang bahan kimia, karena hanya ada beberapa yang memang terbukti ampuh membasmi rayap.

Sebelum menghilangkan rayap dengan cairan kimia, kita harus memperhatikan dosis obat yang kita gunakan. Setiap jenis bahan kimia, beda pula dosisnya. Setidaknya ada 5 bahan kimia untuk membasmi rayap, berikut diantaranya. 

bahan kimia untuk membasmi rayap

Phenylpyrazole

Zat Phenylpyrazole adalah zat kimia yang dapat menimbulkan penghambatan transmisi saraf pada rayap. Phenylpyrazole dinilai sangat efektif, karena tidak hanya mengusir, tapi juga membunuh rayap dengan sangat cepat. Phenylpyrazole ini hanya digunakan dalam dosis yang sedikit, namun memberikan efek yang besar. Pemakaian Phenylpyrazole juga harus dilakukan dengan sangat hati hati, karena zat ini sangat berbahaya bagi manusia dan hewan.

Neonicotinoid

Jika ingin mencari bahan kimia pembasmi rayap yang lebih aman dari Phenylpyrazole, maka pilihan yang tepat jatuh pada Neonicotinoid. Bahan kimia ini sama efektifnya dengan Phenylpyrazole, namun bedanya Neonicotinoid tidak menimbulkan berbahaya bagi manusia dan hewan.

Phenylpyrrole

Ingin menghemat pengeluaran untuk membasmi rayap dengan cairan kimia? Gunakan saja Phenylpyrrole. Efek yang ditimbulkan oleh Phenylpyrrole bisa merusak saluran pernapasan rayap. Dan uniknya lagi, ini bisa menular dari satu rayap ke rayap lainnya. Sehingga dalam 1 koloni bisa mati sekaligus hanya dengan dosis yang sedikit. Tapi efek samping yang ditimbulkan oleh Phenylpyrrole bisa dirasakan juga oleh manusia dan hewan jika tidak digunakan dengan hati hati.

Pytheroid

Pytheroid sama seperti obat nyamuk bakar, jadi sifatnya hanya mengusir rayap. Zat Pytheroid jauh lebih aman ketimbang zat kimia sebelumnya. Tapi anda juga harus menggunakannya dengan bijak untuk mengusir rayap.

Carbamate

Carbamate adalah bahan kimia pembasmi rayap yang merusak sistem pernapasan dan saraf rayap. Bahan ini tergolong stabil untuk mengusir hama perusak perabotan rumah tangga kita. Tapi Carbamate juga bisa merusak konstruksi beton rumah kita, sehingga penggunannya harus sangat hati hati.

Demikian adalah informasi tentang bahan kimia untuk membasmi rayap yang efektif. Gunakanlah obat rayap yang menurut anda cocok dengan lingkungan dan kebutuhan anda. Pastikan dosisnya ditakar dengan benar, karena jika overdosis, akan membahayakan lingkungan. Jika tidak ahli, anda bisa menggunakan jasa pembasmi rayap terpercaya.

0 komentar: