Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Buku adalah jendela ilmu dan membaca adalah kuncinya. Semua ilmu bisa kita serap hanya dengan membaca. Memang untuk mentrigger minat baca an...

Bersama Tanoto Foundation, Kembangkan Budaya Membaca pada Anak

Buku adalah jendela ilmu dan membaca adalah kuncinya. Semua ilmu bisa kita serap hanya dengan membaca. Memang untuk mentrigger minat baca anak tidaklah mudah, dibutuhkan kerjasama antar orang tua dan guru untuk membentuk minat anak dalam membaca. Mulai dari kebiasaan membaca buku di pagi hari, membaca buku catatan selepas pulang sekolah, membaca cerpen ringan, dan lain sebagainya. Ini harus menjadi budaya membaca yang timbul di generasi mendatang.

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang memiliki tingkat literasi rendah. Hal ini dibuktikan dengan data dari UNESCO yang mengatakan jika peringkat membaca Indonesia ialah kedua dari bawah. Angkanya tidak lebih dari 0.001% yang artinya dari 1000 orang Indonesia, yang rajin membaca hanyalah 1 orang saja. Tentunya diperlukan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan literasi.


Tanoto Foundation Menggagas Budaya Membaca

Tanoto Foundation memiliki misi untuk meningkatkan minat literasi pada masyarakat indonesia dengan membuat kompetisi #IndonesiaCintaMembaca. Kompetisi ini ditujukan untuk anak yang berusia 0 sampai 6 tahun didampingi oleh orang tua atau pengasuh. Dan akan diadakan hingga 22 Desember 2020, tapi tenang saja, bakal ada acara menarik lainnya dari Tanoto Foundation.

Cara mengikuti kompetisi ini sangat mudah, yaitu hanya mengunggah foto momen membaca bersama anak yang kemudian diupload di Instagram dengan hastag #indonesiaCintaMembaca dan #MomenBacaBersama. Hadiahnya sangat menarik, dipilih 3 orang pemenang yang akan mendapatkan hadiah yaitu voucher Gramedia sebesar Rp. 500.000 untuk masing masing pemenang.

Kompetisi ini sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mendidik anak untuk antusias dengan membaca. Sehingga dengan begini anak akan terbiasa dengan membaca yang sudah menjadi habbit baru nya. Jadi anak sudah tidak asing lagi dengan kegiatan membaca, bahkan mereka akan menjadikan membaca sebagai hobi baru nya selain bermain permainan kegemarannya.

Memang tidaklah mudah untuk meningkatkan kegemaran membaca anak, tapi dengan diadakan kompetisi ini diharapkan anak dan orang tua semakin terbiasa dengan membaca. Tanoto Foundation terus berusaha untuk mengembangkan budaya membaca melalui banyak sekali kegiatan. Yang tentunya semua kegiatan tersebut sangat bermanfaat buat anda ataupun masyarakar sekitar.

0 komentar: