Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Percaya atau tidak dalam perkembangan kehidupan dunia, ada peran teknologi. Mulai dari zaman purbakala hingga saat ini. Teknologi perubah du...

Teknologi Perubah Dunia yang Memiliki Peran Paling Besar

Percaya atau tidak dalam perkembangan kehidupan dunia, ada peran teknologi. Mulai dari zaman purbakala hingga saat ini. Teknologi perubah dunia itu ada karena keinginan manusia untuk melakukan hal-hal baru dengan cara yang lebih mudah.

Bahkan sampai saat ini dan ke depan teknologi akan terus berkembang dan jadi semakin maju.

Dalam perjalanannya ada sejumlah teknologi yang jadi cikal bakal teknologi canggih saat ini, bahkan Anda mungkin salah satu penikmatnya. Mau tahu apa saja?




Teknologi Perubah Dunia

6 Teknologi Perubah Dunia Dulu, Sekarang, dan Nanti

Enam teknologi berikut ini memiliki peran sangat penting dalam perubahan dunia, dari telepon, hingga plastik buatan. Seperti apa teknologinya?

Telepon

Telepon pertama kali diciptakan tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell, berbekal alat seadanya membuat komunikasi jarak jauh mudah. Dari penemuan itu berkembang berbagai jenis telepon yang meningkatkan fungsinya.

Perubahan teknologi telepon itu juga membuat Anda, bisa menggunakan smartphone canggih saat ini.

Internet

Amerika Serikat melalui advance project agency (ARPA) tahun 1960 menemukan internet, yang mempermudah berbagi informasi melalui jaringan tertentu.

Sejak saat itu pengembangan internet terus dilakukan oleh berbagai pihak, hingga menjadi bagian penting hidup manusia termasuk berselancar di dunia maya lewat media sosial.

Seluloid

Menjadi cikal bakal plastik buatan, teknologi ini pertama dikembangkan pada tahun 1960 oleh John Wesley Hyatt.

Kemudian dipakai untuk pembuatan kantong hingga jam tangan, namun seiring perkembangan teknologi, ahli semakin antusias dan akhirnya menemukan plastik buatan yang lebih ramah lingkungan ketimbang dan dipakai sampai saat ini.

Mobil Listrik

Dahulu mobil ditemukan dengan memanfaatkan bahan bakar bensin, saat ini mobil sudah dikembangkan dengan berbagai bahan bakar dan fitur pendukung super canggih.

Salah satunya adalah mobil listrik seperti yang diproduksi tesla, dimana bahan bakarnya adalah listrik yang bisa diisi seperti pengisian baterai ponsel atau perangkat elektronik lain.

Data Stick

Media penyimpanan data terus diperbaharui dan jadi bagian perkembangan teknologi yang pesat. Jika dulu ada disket, kemudian compact disc dan beralih pada flashdisk.

Teknologi itu akan terus berubah dalam beberapa waktu ke depan, dengan hadirnya data stick yang menggunakan bahan graphene dan lebih praktis seperti sticky note.

Robot

Manusia berdampingan dengan robot, memang sudah mulai dilakukan sejak puluhan tahun lalu.

Namun berdasarkan prediksi berbagai ahli, perubahan teknologi dalam komunikasi dalam beberapa tahun ke depan akan membuat robot menjadi ikon baru, karena mampu melakukan banyak dan merubah paradigma manusia tentang robot.

Inovasi Teknologi Yang Diprediksi Ikut Merubah Dunia Sebentar Lagi

Teknologi Perubah Dunia
Selain enam teknologi di atas, ada beberapa inovasi yang sedang dikembangkan, dan diprediksi ikut merubah dunia beberapa tahun ke depan. Seperti hasil pertemuan berbagai profesi di China tahun 2017 lalu yang menyebutkan bahwa enam inovasi akan jadi solusi bagi dunia untuk memecahkan banyak masalah.

Diantaranya adalah inovasi pembuatan kaca jenis transparan yang mampu mengubah cahaya untuk dijadikan energi listrik. Kemudian inovasi transportasi dengan kendaraan layang yang akan mengantar orang dan barang.

Ada pula teknologi yang nantinya bisa melakukan ekstraksi air bersih yang sumbernya dari udara.

Jadi Anda sekarang paham bahwa memang teknologi perubah dunia itu ada dan sudah berkembang sejak lama. Jika memang awalnya sederhana, namun dengan perkembangan zaman dan teknologi dia mampu merubah banyak hal.

Sekarang siap-siap saja dengan inovasi teknologi yang sedang dikembangkan dan akan jadi perubah dunia di masa yang akan datang.

0 komentar: