Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Teknologi 4G menjadi jawaban untuk orang-orang yang memerlukan koneksi internet yang stabil, nyaman dan juga lancar. Namun, tidak lama bers...

Perbedaan Teknologi 4G dan 5G serta Perbandingan Keduanya

Teknologi 4G menjadi jawaban untuk orang-orang yang memerlukan koneksi internet yang stabil, nyaman dan juga lancar. Namun, tidak lama berselang sejak teknologi generasi keempat tersebut hadir, muncul pula teknologi generasi kelima yang dikenal sebagai 5G.

Teknologi 4G dan 5G tentunya sama-sama menjanjikan kenyamanan saat hidup di dunia internet.

Namun, teknologi 5G sendiri disebut-sebut sebagai standar telekomunikasi seluler lanjutan yang bahkan menjanjikan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan 4G. Memangnya secepat apa kecepatan internet yang ditawarkan oleh teknologi ini, lalu apa saja perbedaan 4G dan 5G yang perlu diketahui? Berikut jawabannya,

Perbedaan Teknologi 4G dan 5G

Perbedaan Teknologi 4G dan 5G yang Wajib Diketahui

Dari Segi Kecepatan

Sebelumnya perlu diketahui bahwa teknologi 5G memang sengaja disiapkan untuk menjadi jaringan yang lebih efisien dan juga cepat dari generasi-generasi yang sebelumnya, termasuk 4G.

Untuk teknologi 5G sendiri kecepatannya bahkan mencapai 10 Gbps. Artinya, teknologi ini memiliki kecepatan hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan 5G.

Bagaimana teknologi 5G memiliki kecepatan yang mengagumkan seperti itu? Hal ini dikarenakan 5G memakai frekuensi yang lebih tinggi dalam menyebarkan sinyal, yang berkisar antara 30 GHz sampai dengan 300 GHz. Sementara untuk generasi sebelumnya, yakni 4G, hanya bekerja dalam frekuensi di bawah 6 GHz.

Namun, harus diakui juga bahwa untuk masalah kecepatan ini masih tergantung pada sejumlah faktor seperti jaringan apa yang disambungkan, perangkat yang digunakan, seberapa sibuknya jaringan dan sejumlah faktor lainnya.

Kendati demikian, telah diketahui bahwa teknologi 5G masih lebih cepat dibandingkan dengan teknologi 4G.

Dari Segi Kapasitas Data yang Dapat Dikirimkan dan Waktu yang Diperlukan

Melihat frekuensi yang digunakan di atas, ini mengakibatkan kapasitas data yang dapat dikirimkan oleh teknologi 5G juga lebih besar dibandingkan dengan 4G. Selain itu, frekuensi 5G juga mengakibatkan proses pengiriman data menjadi lebih efisien dan dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat.

Jika hendak dibandingkan, jaringan 4G memerlukan waktu sekitar 50 milidetik untuk mengirimkan data dari perangkat menuju server tujuan. Sementara untuk jaringan 5G, waktu yang diperlukan tersebut bisa menjadi lebih singkat lagi yakni hanya 1 milidetik.

Dari Segi Panjang Gelombang yang Digunakan

Menyinggung 5G vs 4G, tentu harus memperhatikan panjang gelombang yang digunakan. Teknologi 5G menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek sehingga kontrol terhadap sebaran sinyal lebih baik.

Sinyal yang terpancar tersebut dapat lebih terarah bahkan dapat digunakan di sekitar pemancar sinyal lainnya tanpa menimbulkan gangguan.

Sementara untuk sinyal 4G pergerakannya lebih liar, sulit dikontrol serta tidak teratur. Ini mengakibatkan energi serta tenaga dari pemancar terbuang dengan sia-sia sehingga teknologi generasi keempat ini tidak memiliki keunggulan seperti teknologi 5G.


Dari Segi Frekuensi Bandwidth dan Banyak Antena yang Diperlukan

Diketahui bahwa jaringan 5G memerlukan bandwidth dengan frekuensi yang tinggi. Dengan frekuensi tersebut, maka siapapun tetap bisa mendapatkan jaringan 5G terbaik walaupun yang bersangkutan tengah berada di lingkungan yang sibuk dan di tengah kerumunan banyak orang.

Sementara untuk jaringan 4G adalah sebaliknya sehingga bila Anda berada di tempat-tempat yang sibuk seperti itu mungkin jaringan akan sedikit bermasalah. Akan tetapi, karena frekuensi 5G yang tinggi tersebut, ada sejumlah pihak yang khawatir jaringan 5G berbahaya bagi kesehatan.

Karena jika kembali pada hukum fisika, kecepatan akan berbanding lurus dengan frekuensi. Sementara jika frekuensinya semakin panjang, maka cakupan areanya akan semakin sempit.

Hukum ini membuat jaringan 5G memerlukan banyak antena mini cell yang dipasang secara berdekatan dan pastinya akan membuat penduduk dikepung oleh gelombang radio frekuensi yang tinggi sepanjang waktu. 

Kemampuan 4G

Kemampuan 5G


Terlepas dari perbedaan di atas, Anda tentu sudah tahu bahwa teknologi 4G dan 5G baru bisa dinikmati bila sudah ada infrastruktur yang mendukung.

Untuk teknologi 4G sendiri saat ini memang sudah bisa dinikmati, namun untuk teknologi 5G, kabarnya baru bisa dinikmati di tanah air beberapa tahun lagi. Jadi, sabar dulu ya.

0 komentar: