Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Apakah Anda pernah mendengar kata server? Bagi yang sering berhubungan dengan perangkat komputer pasti sering berhubungan langsung de...

Pengertian Server dan Contoh Server yang Harus Kamu Ketahui

Apakah Anda pernah mendengar kata server?

Bagi yang sering berhubungan dengan perangkat komputer pasti sering berhubungan langsung dengan komponen software ini. Tapi mungkin tak semua paham apa sebenarnya pengertian server, apalagi segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
Pengertian Server dan Contoh Server

Pengertian Server

Bicara soal pengertian, sistem server adalah lokasi di dalam jaringan komputer yang punya fungsi untuk menyimpan data dan jadi penyedia layanan bagi pengguna. Dalam kerjanya, server dibantu oleh prosesor dan RAM yang punya cara pengoperasian tertentu dan masuk ke dalam sebuah sistem operasi jaringan.

Server dapat menyimpan jenis data dalam bentuk apapun, baik itu informasi maupun dokumen yang berisi angka dan huruf. Data tersebut kemudian akan diakses oleh pengguna sesuai kebutuhan melalui server.

Cara Kerja Server

Ada banyak jenis server dengan cara kerjanya masing-masing. Tapi secara umum cara kerja sistem ini berdasarkan adalah menyediakan data yang dibutuhkan klien dan memberikan akses pada klien untuk menggunakan data tersebut.

Contohnya web server, ketika sebuah komputer melalui sistemnya meminta data yang ada pada web server berupa informasi dari situs tertentu. Maka web server akan mengirimkannya ke layar monitor sesuai kebutuhan klien, untuk kemudian digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Contoh lain adalah server berita, ketika Anda membutuhkan sebuah berita maka server akan memilih berita yang diminta sehingga bisa diakses. Pada dasarnya cara kerja ini sangat mudah, hanya saja dalam prosesnya membutuhkan komponen yang lengkap, agar server bisa bekerja dengan baik.

Kenali Jenis Server

Banyak jenis server yang digunakan dalam dunia teknologi, kebanyakan berhubungan dengan komputer dan internet. Apa saja jenisnya tersebut?


Proxy

Adalah server yang menjadi mediator untuk client seperti komputer dengan server yang ada di luar jaringan internal komputer tersebut. tugasnya adalah memaksimalkan koneksi dan memastikan permohonan client hanya untuk kepentingan tertentu saja.


Telnet

Yaitu server yang punya tugas untuk memberi izin masuk dari sebuah komputer utama dari komputer lain yang ada di sekitarnya.


Fax

Adalah server yang mengatur lalu lintas pesan berbentuk fax pada sebuah sistem, baik itu menerima atau mengirimkan fax.


Audio/Video

Yaitu server yang akan membantu Anda menggunakan konten multimedia untuk disiarkan secara langsung melalui jaringan internet.


IRC

Adalah server untuk yang nama lainnya Internet Relay Chat yang memberikan kesempatan pengguna untuk chatting dengan pengguna lain melalui jaringan tertentu.


Website

Pengertian web server yaitu sistem yang menjadi penyedia konten bagi klien, dia akan langsung berhubungan dengan sistem yang disebut Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Internet ? Penjelasan Cara Internet Bekerja

Platform

Merupakan sebuah komponen software atau bisa juga hardware yang akan memandu server untuk melaksanakan tugasnya.


Middleware

Adalah server dengan tugas utama menindaklanjuti perintah yang diberikan klien seperti komputer atau database.


Virtual

Merupakan server tidak tampak yang bermanfaat untuk meminimalisir server fisik, dengan menduplikasinya secara virtual.

Fungsi Server

Memahami pengertian server dan fungsinya sangat penting, apalagi jika Anda sudah tahu bahwa ternyata fungsi dari sistem ini sangat kompleks.

Diantaranya adalah mengatur lalu lintas data yang diminta dan dikirimkan kepada klien. Kemudian memberi izin kepada klien untuk mengakses data yang ada di dalam server tersebut.

Fungsi lainnya adalah memberi layanan kepada klien dan punya tanggung jawab terkait data yang diminta dan dikirim dari komputer. Dan fungsi sebagai media penyimpanan data dalam bentuk apapun dan bisa diakses dengan protokol tertentu.Itulah sekelumit informasi yang berkaitan dengan pengertian server hingga fungsinya. Semakin paham Anda akan eksistensi sistem ini maka akan semakin nyaman menggunakannya sesuai jenis dan kebutuhan.

0 komentar: