Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Jika ada jenis pembayaran yang lebih mudah, praktis, dan lebih aman, siapapun pasti menginginkannya. Kabar gembira buat anda karena saat ini...

Ketahui Berbagai Keunggulan dan Jenis Sistem Pembayaran Online

Jika ada jenis pembayaran yang lebih mudah, praktis, dan lebih aman, siapapun pasti menginginkannya. Kabar gembira buat anda karena saat ini sudah ada yang namanya sistem pembayaran online.

Sistem pembayaran tersebut tentunya menjadi solusi bagi anda yang mengutamakan kepraktisan dan kemudahan. Ketahui lebih jauh mengenai sistem pembayaran paling inovatif abad ini dengan menyimak ulasan berikut.

Keunggulan dan Jenis Sistem Pembayaran Online

Keunggulan Sistem Pembayaran Online

Keunggulan atau kelebihan sistem pembayaran online atau yang biasa disebut e-payment mungkin beberapa diantaranya sudah anda ketahui.

Proses Pembayaran jadi Lebih Praktis

Dengan menggunakan e-payment, segala jenis transaksi akan lebih praktis dan efisien. Kecanggihan smartphone anda bisa menjadi media pembayaran online dengan melalui internet banking sehingga anda tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk melakukan proses pembayaran.

Transaksi jual-beli online menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan e-payment.

Pengendalian Pengeluaran

Beberapa kalangan menganggap bahwa sistem pembayaran online mampu membuat anda bisa mengontrol atau mengendalikan pengeluaran. Pembayaran online melalui internet banking, dompet virtual, dan lain sebagainya akan merekam berbagai transaksi yang sudah anda lakukan.

Riwayat transaksi pembayaran, menjadi catatan pengeluaran yang bisa dilihat kembali kapanpun anda mau. Alhasil anda bisa menghitung sudah berapa banyak pengeluaran anda selama sebulan sehingga bisa melakukan pengiritan saat pengeluaran sudah terlalu banyak.

Menghemat Waktu

Bagi anda yang menganggap waktu sangatlah berharga, pembayaran secara online dapat menghemat waktu anda. Misalnya saja saat anda harus membayar tagihan listrik, air, dan lainnya, dengan menggunakan e-payment anda tidak perlu membuang banyak waktu dengan mengantri di bank atau kantor pos.

Anda hanya perlu mengandalkan smartphone untuk melakukan segala macam bentuk pembayaran.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Internet ? Penjelasan Cara Internet Bekerja 

Meminimalisir Tindak Kriminal


Dengan menggunakan sistem pembayaran online, anda dapat meminimalisir dan terhindar dari berbagai tindak kriminal seperti pencurian atau perampokan karena anda tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai di dompet anda yang memancing terjadinya tindak kejahatan.

Berbagai Jenis Sistem Pembayaran Online

Terdapat beberapa jenis sistem pembayaran online yang umum digunakan oleh masyarakat, diantaranya:

Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit hampir sama dengan kartu debit, hanya saja penagihan untuk kartu kredit tidak dilakukan saat melakukan transaksi pembayaran namun dapat dilakukan pada waktu tertentu.

Saat anda berbelanja dan ingin melakukan pembayaran, anda tinggal menginput nomor dan harga barang dari produk atau jasa yang dibeli. Selanjutnya melengkapi data diri seperti nama, nomor telepon, hingga alamat yang sesuai dengan data anda saat membuat kartu kredit.

E-payment di Minimarket

Beberapa minimarket di Indonesia memiliki layanan pembayaran secara online seperti Indomaret ataupun Alfamart. Pembayaran untuk tagihan belanja online, tagihan BPJS, listrik, TV kabel, top up voucher, hingga pembayaran tiket semuanya bisa dilakukan melalui minimarket penyedia layanan e-payment.

Cash on Delivery

Bagi anda yang tidak memiliki kartu kredit maupun kartu debit tetap bisa melakukan belanja online. Layanan Cash on Delivery (COD) memungkinkan anda untuk bisa membayar tunai di tempat saat barang yang dipesan telah sampai di tangan anda.

Transfer Via Rekening

Sistem pembayaran dengan transfer via rekening lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Transfer pembayaran antar rekening tidak selalu mengharuskan anda untuk pergi ke ATM, karena dapat melalui layanan internet banking, mobile banking, hingga SMS banking.

Berbagai jenis sistem pembayaran online yang diulas di atas memiliki keunggulan masing-masing. Manfaatkan sebaik mungkin sistem e-payment tersebut untuk mempermudah segala bentuk transaksi pembayaran anda.

0 komentar: