Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Pengembangan jaringan konektivitas internet telah terbukti melalui kehadiran teknologi 5G. Kecepatannya diciptakan jauh lebih cepat dibandi...

Perhatikan Kecanggihan Teknologi 5G yang Hendak Akan Datang Berikut Ini

Pengembangan jaringan konektivitas internet telah terbukti melalui kehadiran teknologi 5G. Kecepatannya diciptakan jauh lebih cepat dibandingkan jaringan 4G atau LTE, ini merupakan kecanggihan teknologi 5G yang akan hadir.

Jaringan seluler 4G saat ini memiliki kecepatan berkisar sekitar 45 megabit per detik (Mbps). Pada 5G, kecepatan data meningkat hingga 10 dan bahkan 100 kali lebih tinggi yang bahkan dapat mencapai gigabit per detik (Gbps).

Teknologi 5G


Cara Kerja Teknologi 5G


Cara kerja 5G juga unggul pada frekuensi radio yang lebih tinggi daripada 4G. Pita frekuensi 4G hanya mencapai hingga 20 megahertz (MHz), sementara 5G dapat mencapai hingga 6 gigahertz (GHz).

Untuk mendukung kecepatan frekuensi ini maka dibutuhkan teknologi MIMO (multiple input and output antenna) yang berfungsi untuk memperkuat sinyal 5G. Sinyal yang kuat akan menembus jarak perjalanan yang sangat jauh.

Cara Teknologi 5G


Layanan 5G juga diharapkan dapat mengurangi latensi lebih rendah lagi. Dengan begitu, kapasitas wireless broadband yang dibutuhkan akan lebih memadai untuk menghubungkan banyak perangkat.

Kecanggihan 5G ini tentunya akan sangat berguna bagi seluruh pengguna perangkat seluler. Tak butuh lama untuk mengunggah dan mengunduh data.

Dalam hitungan detik saja, Anda dapat mengunduh film atau aplikasi berkapasitas besar ke dalam ponsel. Bagi Anda penyuka game esport, koneksi internet 5G akan memudahkan Anda bermain dengan lebih lancar.

Baca Juga: Perbedaan Teknologi 4G dan 5G serta Perbandingan Keduanya 

Peranan 5G di Keseharian


Kecanggihan jaringan 5G juga akan berpengaruh pada sejumlah aspek kehidupan manusia sehari-hari. Jaringan internet generasi baru ini memungkinkan mesin dan perangkat elektronik bekerja secara otonom.

Salah satu contoh sederhana adalah kulkas. Ketika stok habis, secara otomatis sensor kulkas akan memberitahu Anda hal tersebut. Kemudian, Anda dapat membeli kebutuhan dari internet secara langsung dari kulkas pintar tersebut.

Dengan kata lain, pekerjaan manusia jadi lebih ringan karena mesin dapat bekerja tanpa perlu keterlibatan manusia secara langsung. Namun, disisi lain, dampaknya juga berpotensi mengancam bidang pekerjaan atau profesi.

Salah satu perangkat mesin yang kelak dirancang dengan pemasangan 5G adalah mobil. Mobil dapat berkendara dengan sendirinya tanpa pengemudi. Tenaga sopir kemudian tidak akan dibutuhkan lagi.

Peranan 5G di Keseharian


Lingkungan sekitar turut memanfaatkan 5G, seperti di supermarket. Informasi mengenai harga dan rincian produk akan muncul dari hasil interaksi antara rak pintar dengan perangkat seluler milik Anda.

Pembayaran di era 5G pun akan lebih ringkas secara otomatis. Jika demikian maka pramuniaga, sales dan kasir sekali bisa jadi tidak akan dipekerjakan.

Metode komunikasi pada ponsel 5G pun akan berubah. Anda dapat menghubungi keluarga, kerabat dan rekan kerja dalam bentuk hologram. Rapat virtual lebih memungkinkan terjadi secara efektif dan tentu efisiensi biaya dinas perjalanan.

Perangkat 5G juga akan membawa dampak perubahan signifikan pada dunia kedokteran. Dokter spesialis memungkinkan untuk melakukan pemantauan pada pasiennya melalui internet.

Tindakan operasi pun dapat dilakukan dari jarak jauh oleh dokter bedah beserta tim. Sang dokter cukup memberikan instruksi secara virtual yang akan dilanjutkan oleh tim medis lainnya.

Potensi Bahaya Kesehatan


Sekalipun super canggih, teknolog 5G berbahaya untuk kesehatan manusia. Penyebabnya adalah radiasi gelombang milimeter energi 5G yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan pemanasan berlebih.

Jika paparan dari energi frekuensi radio 5G mengalami peningkatan, akan memicu risiko terjadinya penyakit kronis. Hal ini berlaku bila pengguna 5G berdekatan terus-menerus dengan pancaran radiasi.

Potensi Bahaya Kesehatan

Risiko medis ini terus diteliti dalam studi toksikologi. Semua pihak berharap teknologi 5G sungguh dapat berperan optimal untuk kemajuan peradaban manusia di masa mendatang.

Namun perlu diketahui, semua itu masih rumor saja, jadi kecanggihan teknologi 5G masih memiliki banyak kelebihan ketimbang isu yang belum terbuktikan.

0 komentar: