Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Penggunaan internet sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari karena setiap detiknya jutaan manusia akan me...

Bagaimana Cara Kerja Internet ? Penjelasan Cara Internet Bekerja

Penggunaan internet sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari karena setiap detiknya jutaan manusia akan melakukan akses di internet. 

Meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara kerja internet dimulai dari awal sampai akhirnya menampilkan informasi yang diinginkan. Berikut ini adalah penjelasan sederhananya. 

Cara Kerja Internet

Cara Internet Bekerja

Internet bekerja dengan sistem yang kompleks. Namun penggunaan internet kini telah menjadi kebutuhan utama. Berikut penjelasan kenapa ada internet?

Membentuk Jaringan Sederhana


Ibaratkan ketika seseorang ingin melakukan sebuah hubungan, maka diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan. Jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan komputer yang ingin berkomunikasi atau disambungkan tersebut lalu nantinya dihubungkan pada router.

Cara kerja internet yang pertama agar internet bisa terhubung dan digunakan sebagaimana mestinya, adalah membuat jaringan secara sederhana terlebih dahulu.

Membuat Jaringan Di Dalam Jaringan


Lalu selanjutnya yang menjadi langkah dalam cara internet bekerja adalah membuat jaringan yang jauh lebih besar dan jauh lebih rumit dibandingkan jaringan sebelumnya.

Dimana satu router ini biasanya akan melibatkan lebih dari satu komputer untuk berada di dalam jaringannya, dan ada tambahan penyambung lain seperti modem. Nantinya jaringan ini membentuk jaringan di dalam jaringan.

Mengirim Pesan Ke Jaringan yang Ingin Dituju


Sebuah jaringan sudah terbentuk, dan beberapa komputer yang diinginkan sudah terhubung namun sampai sini internet belum tergabung di dalamnya. Supaya internet bisa termasuk ke dalamnya, maka bisa dihubungkan ke ISP (internet service procedure).

Nantinya ISP ini akan berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan dengan jaringan yang ingin dituju.

Jaringan Menemukan Komputer


Nantinya supaya internet bisa digunakan, maka seseorang bisa menghubungkan jaringan tersebut dengan perangkat digital yang diinginkan.

Supaya internet bisa terhubung, biasanya dibutuhkan perantara seperti modem ataupun jaringan nirkabel. Nantinya kedua alat tersebut akan membaca kode khusus yang hanya dimiliki oleh komputer supaya internet bisa tersambung.

Internet Mulai Terhubung


Setelahnya komputer akan mulai mendapatkan jaringan yang diinginkan, maka bisa dikatakan bahwa internet sudah terhubung.

Untuk memastikan apakah internet sudah terhubung pengguna bisa mengecek koneksi internet yang ada pada perangkat digitalnya. Dalam hal ini komputer sudah berhasil membaca jaringan internet yang sebelumnya dicoba untuk disambungkan, dengan perantara yang sebelumnya disebutkan.

Menggunakan Internet


Setelah mengetahui cara kerja umumnya, maka sekarang beralih ke cara kerja web. Untuk web ini supaya bisa ditemukan memiliki kode unik yang disebut dengan IP Address, dan semua komputer terhubung ke sebuah jaringan dan memilikinya dan berfungsi untuk mengidentifikasi.

IP Address ini merupakan kombinasi angka unik yang biasanya setiap 4 angka, dipisahkan oleh titik.

Baca Juga: Pengertian Server dan Contoh Server yang Harus Kamu Ketahui

Internet Membaca Kode Pencarian


Tidak dapat dipungkiri bahwa IP address sangat rumit dan pasti akan menyebabkan website sulit untuk ditemukan. Untuk itulah pada cara kerja web server agar pengguna bisa lebih mudah dalam mencari alamat yang diinginkan, maka IP address diganti menjadi domain.

Domain inilah yang nantinya bisa diketikan untuk mencari informasi yang diinginkan sebagai kode pencarian.

Pengguna Mendapatkan Informasi yang Dicari


Saat seseorang mengetikkan domain yang ingin dituju olehnya, maka internet atau browser akan berusaha untuk mencari domain tersebut. Browser akan mencari alamat server yang sebenarnya dimana lokasi website tersebut sebenarnya berada, menggunakan DNS server.

Lalu pesan HTTP request dikirim oleh browser yang ditujukan ke server meminta salinan dari website untuk di kirim ke klien.

Seperti itulah ternyata cara kerja internet yang sebenarnya lumayan rumit, tapi bisa tetap diakses dalam waktu yang cepat.

Penggunaan internet ini memang bukan lagi skala yang besar, meskipun jaringan yang di dalamnya sangat luas tapi sangat sedikit kemungkinan untuk terjadi lemot. Karena sudah ada jalurnya masing-masing setiap langkah kerja internet tersebut.

0 komentar: