Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Ada banyak sekali benda menarik di sekitar kita. Tanpa kita sadari, benda benda tersebut ternyata menyimpan sebuah pertanyaan. Salah satu p...

Alasan Kenapa Kaca Transparan dan Cahaya Bisa Tembus Kaca ?

Ada banyak sekali benda menarik di sekitar kita. Tanpa kita sadari, benda benda tersebut ternyata menyimpan sebuah pertanyaan. Salah satu pertanyaan paling mendasar di benak sebagian orang adalah kenapa kaca transparan ?

Kaca adalah sebuah benda padat yang dimana cahaya bisa menembus kaca, ini adalah definisi kaca secara umum. Padahal benda padat disekitar seperti kayu, besi dan batu tidak dapat ditembus cahaya. Dan kaca adalah salah satu benda padat yang ditembus cahaya.

Kaca Gelas Transparan


Cahaya Bisa Tembus Kaca? Kok Bisa?


Di dunia ilmuwan, dalam tingkatan atomik, terdapat istilah yang namanya pita energi. Pita energi adalah sebuah penggambaran yang sederhana untuk menjelaskan tingkatan tingkatan energi pada atom. 

Ketika sebuah cahaya tampak pada gelombang kisaran 400 sampai 700 an nanometer melewati sebuah medium kaca, maka dengan panjang gelombang sebesar itu, ia tidak memiliki cukup energi untuk mendepak elektron. Sehingga akhirnya cahaya dapat tembus kaca dengan mudah.

Hal ini dikarenakan jarak antar kedua pita (celah pita) yang cukup besar. Jadi agar sebuah cahaya bisa berinteraksi dengan elektron, ia harus memiliki energi yang besar atau panjang gelombang yang kecil. Ini adalah alasan kenapa kaca transparan. 

Kecuali jika cahaya yang dilewatkan pada kaca adalah cahaya ultraviolet. Cahaya dengan frekuensi tinggi atau panjang gelombang pendek ini dapat berinteraksi dengan elekron. Sehingga cahaya tidak dapat menembus kaca dengan mudah.

Bayangkan saja proton adalah sebuah apel yang berada di tengah lapangan sepak bola dan elektron adalah sebuah pasir di antara tempat duduk penonton. Dengan menggunakan konsep 99% alam semesta ini adalah empty atau kekosongan, maka cahaya bisa melewatinya tanpa menyenggol elektron.

Manfaat Kaca


Karena sifat unik dari kaca ini, maka banyak sekali manfaat kaca dikehidupan sehari hari. Semisal saja kaca cermin yang digunakan untuk memantulkan bayangan, lensa untuk kacamata, mikroskop, teleskop, jendela dan lain sebagainnya. 

Walaupun begitu, untuk membuat kaca diperlukan suhu tinggi untuk melelehkan material dasar kaca. Suhu yang dibutuhkan berkisar 1500 an derajat celcius. Tapi setelah dicetak, kaca akan bersifat amorf yang dimana ini menajdi alasan kenapa kaca transparan dan cahaya bisa tembus kaca.

4 komentar:

  1. artikel yang bermanfaat semoga berguna bagi yang membaca

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih, semoga penjelasan kenapa kaca transparan ini dapat dipahami dengan mudah

      Hapus