Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Cepatnya perkembangan teknologi tak bisa diprediksi, tapi kalau melihat kondisi sekarang beberapa akan jadi tren hebat. Bahkan diprediksi t...

Perkembangan Teknologi 10 Tahun ke Depan Ternyata Sangat Menjanjikan

Cepatnya perkembangan teknologi tak bisa diprediksi, tapi kalau melihat kondisi sekarang beberapa akan jadi tren hebat. Bahkan diprediksi teknologi 10 tahun ke depan akan sangat maju dan mempengaruhi gaya hidup manusia.
Berikut ini bocoran teknologi hebat yang mungkin akan jadi bagian hidup Anda nanti.

Teknologi Kuantum
Dari penelitian sejumlah pihak, ada beberapa jenis teknologi yang akan jadi acuan hidup orang di tahun 2030 nanti. Penelitian itu dilakukan antara lain oleh firma di Amerika Serikat, Ian Person yang berasal dari World Academy of Art Science, hingga produsen perangkat komputer Dell.

5 Teknologi Mutakhir 10 Tahun ke Depan

Menyoal prediksi teknologi 10 tahun kedepan sebenarnya banyak yang hampir menjadi kenyataan, enam diantaranya sudah mulai digunakan. Dengan perbaikan maksimal akan menjadi teknologi mutakhir luar biasa 10 tahun lagi.

Kendaraan

Beberapa tahun belakangan mobil berbahan alami seperti biogas, atau mobil hemat listrik dikembangkan. 10 tahun ke depan akan ada mobil yang dikendalikan secara virtual, seperti yang sering Anda lihat pada film-film genre sci fi. Teknologi ini sudah dikembangkan di beberapa negara.

Kasir Digital

Teknologi ini sudah mulai dikembangkan, cara kerjanya dengan kombinasi antara sensor pada rak produk, kemudian teknologi berbasis Radio Frequency Identification (RFID), dan kamera jenis vision. Jadi tak ada lagi kasir manual yang melayani antrian mengular seperti yang masih terlihat saat ini.

Drone Si Pengantar Paket

Saat ini drone masih berfungsi terbatas, tapi lihatlah beberapa tahun lagi. Perkembangan teknologi 10 tahun kedepan, alat canggih ini akan dibuat menjadi kurir elektronik. Dia akan membantu perusahaan ekspedisi mengantar barang. Saat ini uji coba sudah dilakukan di Amazon Amerika Serikat.

Organ Tubuh Prostetik

Tak tertutup kemungkinan penemuan ilmuwan Biologi tentang lengan palsu, dengan teknologi canggih akan semakin berkembang. Bahkan bisa jadi ada bagian tubuh palsu yang multifungsi, misalnya kaki yang dilengkapi alat untuk bisa terbang, atau tangan dengan alat khusus untuk para seniman tato.

Layar Interaktif

Mungkin Anda sudah mulai sering menggunakan layar interaktif sejak adanya pandemi Covid-19, untuk bekerja dari rumah. Dengan semakin majunya teknologi, Perkembangan teknologi informasi 10 tahun kedepan akan memungkinkan layar interaktif yang lebih kompleks dan virtualisasi yang lebih sempurna.

Plus Minus Perkembangan Teknologi 10 Tahun ke Depan

Walau terlihat semakin canggih tapi tetap saja akan ada plus minus jiga teknologi hebat dikembangkan di dunia. Plusnya tentu akan membantu banyak aktivitas manusia yang selama ini masih dilakukan secara manual.

Selain itu efisiensi uang, waktu, dan tenaga juga akan jadi kelebihan utama kecanggihan teknologi tersebut.

Brain Kuantum
Sedangkan minusnya, kalau tidak digunakan dengan bijak justru akan jadi boomerang di tengah masyarakat. Misalnya penggunaan kasir digital akan mengakibatkan pengangguran meningkat, tentu harus dipertimbangkan cara agar kal itu tidak terjadi.

Demikianlah senam teknologi 10 tahun ke depan yang kemungkinan besar akan berkembang pesat, dan jadi bagian dalam tatanan hidup manusia.

Berhasil atau tidaknya dikembangkan, tergantung pada sumber daya manusia yang melakukannya, dan tentunya berbagai hal penunjang agar ketika digunakan benar-benar memberi dampak terbaiknya.

0 komentar: