Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang dunia mengalami kemajuan pesat dibidang teknologi, setiap harinya ada saja teknologi baru yang bermunc...

9 Teknologi yang Akan Punah di Masa Mendatang

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang dunia mengalami kemajuan pesat dibidang teknologi, setiap harinya ada saja teknologi baru yang bermunculan. Hal tersebutlah yang menjadi faktor yang mempengaruhi hilangnya teknologi. Kali ini akan dibahas beberapa teknologi yang akan punah dalam beberapa waktu dekat ini.

Teknologi yang Akan Punah di Masa Mendatang


1. Pre-Recorded Physical Media

Teknologi yang akan punah pertama ini mungkin akan lebih dikenali bila disebutkan jenisnya seperti vcd, dvd, ataupun kaset.

Seiring berjalannya waktu beberapa benda di atas mulai tidak digunakan lagi dan keberadaannya dilupakan. Sehingga diprediksi dalam beberapa tahun ke depan manusia tidak akan menemukan beberapa benda tersebut karena sudah punah.

2. Telepon Kabel

Pada awal penemuannya yang satu ini termasuk ke dalam teknologi yang berguna dan sangat membantu komunikasi selama beberapa tahun sebelumnya.

Namun semakin kesini, penggunaan telepon kabel dianggap sudah tidak lagi efektif dan lebih banyak diganti dengan telepon tanpa kabel ataupun telepon genggam.

3. Remote TV

Mungkin teknologi yang satu ini sedikit membuat orang bingung kenapa bisa punah, sementara penggunaan televisi semakin banyak setiap harinya.

Mungkin penggunaan televisi semakin banyak, tapi televisi dibuat semakin canggih sehingga remot tidak dibutuhkan. Seperti sekarang saja, menyalakan tv bisa menggunakan telepon genggam.

4. Jam Alarm

Siapa disini masih menggunakan jam yang satu ini, atau pada jaman dulu jam yang satu ini disebut juga dengan jam weker.

Kehadiran fitur alarm pada handphone yang dinilai lebih praktis dan tidak memerlukan banyak waktu menjadi alasan mengapa teknologi yang satu ini mulai hilang. Sehingga keberadaannya akan semakin hilang pada beberapa tahun ke depan.

5. Desktop

Generasi jaman sekarang mungkin mengenal desktop sebagai tampilan awal pada perangkat digitalnya seperti laptop, ataupun komputer.

Padahal desktop aslinya merupakan perangkat komputer yang lengkap dengan ukuran yang tidak bisa dibilang kecil. Karena kehadiran laptop yang lebih ringkas, membuat desktop perlahan-lahan akan menghilang.
 

6. Charger Kabel

Sama seperti remot tv, kepunahan charger kabel pada masa mendatang sepertinya masih diragukan. Tapi jika melihat fakta yang ada sekarang, dimana handphone diciptakan semakin canggih dan pengisian daya tidak memerlukan kabel lagi melainkan melalui Bluetooth.

Jadi bukan tidak mungkin kehadiran charger kabel perlahan dilupakan karena dianggap kurang praktis.

Charger Wireless

7. Tombol Fisik Pada Ponsel

Sepertinya bukan rahasia umum lagi jika sekarang banyak handphone yang diciptakan dengan konsep full layar, yang mengakibatkan menghilangnya beberapa tombol fisik. Bahkan keypad seperti QWERTY sudah ditiadakan.

Jadi bukan tidak mungkin jika tombol fisik lainnya dimasa depan akan hilang juga karena tidak digunakan.

8. Kartu Kredit

Sekarang smartphone juga memiliki fungsi layaknya dompet bagi manusia, dimana penyimpanan uang bisa dilakukan di dalamnya. Sehingga saat ingin melakukan transaksi, seseorang hanya tinggal menggunakan smartphonenya saja.

Hal ini sepertinya akan turut memberikan dampak terhadap penggunaan kartu kredit di masa depan yang perlahan akan dilupakan, dan kartu kredit akan lenyap.

9. Perangkat GPS

Teknologi yang punah di masa depan terakhir adalah perangkat GPS, karena lagi-lagi fitur gps ini sudah dihadirkan di smartphone. Sehingga seseorang tidak perlu lagi membeli perangkat gps terpisah hanya untuk mencari sebuah lokasi.

Kehadiran fitur gps di telepon genggam sudah mempermudah semuanya, dan menyebabkan perlengkapan ini perlahan ditinggalkan karena sudah tidak lagi dibutuhkan.

Itulah tadi beberapa teknologi yang akan punah pada beberapa tahun kedepan, serta beberapa faktor yang menjadi alasannya. Karena seperti yang diketahui bahwa setiap saatnya manusia selalu berusaha untuk berinovasi dengan menciptakan hal-hal baru.

Jadi pasti ada beberapa hal yang mulai tidak terpakai, tergantikan dan perlahan barang tersebut hilang.

0 komentar: