Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Kita tahu bahwasannya selama ini Einstein merupakan seorang yang jenius. Postulat milik Einstein telah berhasil merubah cara pandang manusi...

Partikel Dasar yang Misterius dan Menghancurkan Relativitas Einstein

Kita tahu bahwasannya selama ini Einstein merupakan seorang yang jenius. Postulat milik Einstein telah berhasil merubah cara pandang manusia. Yang awalnya gravitasi sebagai sebuah "Hukum", kini menjadi sebuah 'Teori" yang mampu menjelaskan bagaimana gravitasi itu bekerja. Cara pandang Einstein tentang gravitasi ialah dengan mengandaikan alam semesta ini sebagai "Panggung" dan partikel sebagai "Aktor"

Neutrino Partikel Istimewa

Selain teorinya mengenai gravitasi atau kelengkungan ruang waktu "Space-Time Curvature" yang merubah cara pandang manusia di bidang gravitasi. Einstein juga menyebutkan bahwasannya tidak ada sesuatu yang bisa bergerak melebihi atau menyamai kecepatan cahaya. Tapi dibalik itu semua, Einstein pernah berkata jika suatu saat nanti ada partikel yang mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya. Ya benar, partikel tersebut adalah Neutrino.

Neutrino merupakan partikel elementer dan masuk ke dalam jenis Lepton, bersama dengan elektron. Partikel ini memiliki massa yang sangat ringan, yaitu sekitar 0.320 eV. Padahal, elektron sendiri memiliki massa 510.998..... eV atau sekitar 9.1 x 10-31 kg. Bisa dibayangkan seberapa kecilnya massa Neutrino ini. Dan hingga sekarang, ilmuwan belum bisa menentukan massa absolutnya, hal ini dikarenakan Neutrino sangat susah untuk dideteksi.



Neutrino Lebih Cepat Ketimbang Cahaya?

Lalu mengapa Neutrino bisa memiliki kecepatan lebih cepat ketimbang cahaya? Pada tahun 2008, para ilmuwan yang ada di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mencoba membalapkan cahaya dengan neutrino. Dan hasilnya sangat mengejutkan, mau tidak mau teori fisika yang telah dipakai dari dulu roboh begitu saja.

Pada saat itu, para ilmuwan melombakan cahaya dengan neutrino dengan jarak 730 km. Sumber kedua partikel berada di Jenewa dan detektornya berada di Italia. Diketahui bahwa neutrino lebih cepat 60 nanosecond ketimbang cahaya.

Dan untuk menyakinkan lagi, para ilmuwan terus mengetesnya selama kurang lebih 6 bulan. Dan ternyata hasilnya tetap sama, neutrino sampai lebih cepat ketimbang cahaya. Sehingga dengan hal inilah, neutrino merupakan partikel yang memiliki kecepatan melebihi kecepatan cahaya.

Bukan hanya itu saja, ada juga fakta unik neutrino yang belum diketahui oleh banyak orang, bahkan orang fisika itu sendiri. Untuk fakta unik neutrino, akan dibahas di artikel lain.

0 komentar: