Dapatkanlah informasi mengenai sains dan teknologi yang dibahas dengan bahasa sederhana dan mudah ditelan oleh siapapun.

Dalam laman website resmi Nasa disebutkan bahwasannya "99.9 percent of the Universe is made up of plasma". Kutipan tersebut meru...

Definisi Fisika Plasma dan Jenis Jenisnya

Dalam laman website resmi Nasa disebutkan bahwasannya "99.9 percent of the Universe is made up of plasma". Kutipan tersebut merupakan perkataan dari Dr. Dennis Gallagher yang seorang ahli Fisika Plasma. Berbicara tentang plasma, apa itu plasma? dan Apa definisi fisika plasma ?

Plasma merupakan fase ke-4 dari sebuah materi. Pada dasarnya kita mengetahui ada beberapa fase materi di alam semesta ini, yaitu Padat, Cair, Gas dan Plasma. Bidang Fisika Plasma saat ini masih minim untuk diajarkan, karena tingkat kerumitan disiplin ilmu ini ditambah dengan disiplin ilmu lain semisal Mekanika Kuantum, Fisika Statistik, Fisika Nuklir, Termodinamika, Mekanika Fluida, Teori Tumbukan dan lain sebagainnya.

Source: http://newsappear.com


Salah satu contoh terbesar dari plasma yang sering kita temui ialah matahari. Matahari merupakan sebuah bola panas berfase plasma yang memiliki tekanan tinggi, medan gravitasi kuat, dan tentunya bersuhu tinggi. Plasma pada matahari dibangkitkan dari reaksi Fusi (Penggabungan Inti) atom hidrogen menjadi inti helium. Penggabungan inti hidrogen tersebut juga disokong dengan tekanan yang super tinggi dalam inti matahari. Tekanannya yaitu 3.4 x 10^8 atm hingga 2.25 x 10^11 atm.

Plasma sendiri bisa kita bangkitkan di dalam laboraturium. Yaitu dengan memberikan tegangan yang tinggi diantara diode (Anoda dan Katoda) yang ditengahnya diisi dengan gas. Gas tersebut energinya dinaikan sedemikian rupa sehingga energi kinetik rata rata gas dapat sama dengan potensial ionisasi dari atom atau molekul gas tersebut. Sehingga akan terjadi elektron, ion, dan radikal bebas yang tercampur menjadi satu. Jadi plasma ini berbeda dengan fase gas biasa.

Jenis Jenis Plasma


Plasma dikelompokan menjadi beberapa jenis. Jenis jenis tersebut ditinjau dari suhu atau temperatur. Jenis Jenis Plasma ialah sebagai berikut. Begitupun dengan cara membuat plasma serta energi plasma yang dibutuhkan.

1. Plasma Dingin

Plasma ini merupakan jenis plasma yang paling dingin. Dalam plasma ini terjadi ketidakseimbangan suhu antara suhu elektron dan suhu gas partikel. Suhu elektronnya sendiri bisa mencapai 50x dari suhu molekul molekul. Suhunya yaitu mencapai 50.000 K sedangkan suhu molekulnya hanya 1000 K. Plasma jenis ini biasanya digunakan untuk pembersih polutan, pembentukan materi baru dan lain lain.

2. Plasma Termik

Diatas plasma dingin, masih ada plasma termik. Plasma termik ini juga tergolong non-thermal equilibrum atau ketidakseimbangan suhu. Suhu molekul pada plasma termik diatas 3000 K dan sedangkan suhu elektronnya sendiri bisa mencapai 100.000 K. Plasma ini biasanya dimanfaatkan di bidang pemotongan logam, pengelasan, pembersih polutan dan lain lain.

3. Plasma Panas

Yang terakhir dari tingkatan plasma ialah plasma panas. Pada tingkatan ini, plasma telah mencapai kesetimbangan termal yaitu antara molekul gas dan suhu elektron. Kesamaan suhu tersebut diakibatkan karena tumbukan antara elektron dan molekul gas memiliki frekuensi lebih besar. Bisa dikatakan, pada pada plasma ini sering terjadi tumbukan. Plasma panas memiliki suhu diatas 1.000.000 K dan sekarang ini para ilmuwan sedang berusaha memanfaatkan plasma panas untuk pembangkitan energi listrik.

Di atas merupakan penjelasan dari apa itu fisika plasma dan definisi fisika plasma. Plasma di fisika merupakan studi yang sangat menarik dan plasma bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari hari.

Sumber Utama: Fisika Plasma dan Aplikasinya karya DR. Muhammad Nur, DEA 

4 komentar:

  1. Apakah selama ini manusia sudah bisa membangkitkan plasma yang digunakan untuk pembangkitan listrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada, namun itu hanya beberapa detik saja. Karena untuk membangitkan plasma dengan suhu sebesar itu memang susah dan membutuhkan banyak energi

      Hapus
  2. Yak buat jawaban tugas makasi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama kak.. Semoga bermanfaat penjelasan tentang plasma ini.

      Hapus